085880898265 WA: 08118602418


Home » Jendela Aluminium » Cara Pemasangan dan Merakit Kusen Pintu Jendela Aluminium

Cara Pemasangan dan Merakit Kusen Pintu Jendela Aluminium


Memasang dan merakit kusen pintu aluminium dan jendela aluminium memerlukan beberapa cara yang tepat agar menghasilkan finishing yang berkualitas baik. Sebelum berpanjang lebar membahas cara pemasangan kusen pintu aluminium ini, terlebih dahulu harus kita ketahui adalah bahan dan alat untuk merakit kusen pintu aluminium dan jendela aluminium itu sendiri.

Berikut bahan dan alat untuk merakit kusen pintu aluminium & jendela aluminium:
– Sealent
– Rangkaian kusen pintu aluminium & jendela aluminium serta kaca atau dengan aluminium composite panel
– Isolasi plastik atau kertas
– Fischer
– Bor tembok
– Skrup
– Obeng

Saat pemasangan dinding entah itu batu bata atau gypsum maka harus kita persiapkan lubang kusen agar tidak perlu melakukan pembongkaran, ukuran lubang disesuaikan dengan ukuran kusen ditambah 1 cm untuk tempat sealent.

Lalu kita masukkan kusen ke dalam lubang, mengatur agar posisinya pas dengan menggunakan alat beji, setelah posisi pas maka kita stel kelurusan kusen dengan dinding, ketegakan dan kedataran sampai benar-benar bagus. Kita buat lubang untuk tempat skrup pada dinding melalui lubang kusen dengan menggunakan alat bor, kemudian kita masukkan fischer ke dalam lubang bor yang telah kita buat, lalu kita ambil obeng untuk mengencangkan fischer. Siapkan daun pintu atau jendela yang sudah dirangkai penuh, misalnya sudah terpasang kaca dengan sempurna.

Daun pintu atau jendela tersebut kita masukkan ke lubang kusen, kemudian kita pasang semua aksesorisnya seperti engsel, roda, rel handle, door closer dan yang lainnya.

Kemudian kita lakukan finishing tembok dengan menggunakan bahan mortar/semen dan sealent. Pengisian dilakukan sampai tertutup semua celah antara dinding dan kusen.

Selama proses pelaksanaan pembangunan berlangsung maka rawan terjadi goresan atau benturan sehingga terjadi kerusakan kusen. Oleh karena itu kita buat pelindung dengan bahan isolasi plastik atau kertas.

Perbedaan Merakit Kusen Pintu Aluminium & Jendela Aluminium

Berbeda sekali dengan teknik pemasangan kusen kayu dilakukan bersamaan dengan pemasangan batu bata sehingga memiliki daya rekat yang baik. Selain itu kayu lebih tahan terhadap goresan benda tajam atau pukulan. Jika terdapat kerusakan pun masih dapat diperbaiki dengan menampalnya menggunakan wood filler atau dempul kayu. Sedangkan cara memasang kusen pintu aluminium dan kusen jendela aluminium perlu perhatian khusus dan dipasang setelah semua bagian dinding diplester rapi, karena permukaan kusen tidak tahan terhadap goresan benda tajam atau sejenis pukulan benda keras.

Sumber: Kusen Aluminium Set


Tag:,