085880898265 WA: 08118602418


Home » Pintu Garasi » Jenis-jenis Pintu Garasi

Jenis-jenis Pintu Garasi


Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat tak pelak mempengaruhi teknologi yang di pakai dalam pekerjaan konstruksi maupun item lainnya dalam desain rumah. Pintu garasi pun semakin banyak variant nya saat ini. Sistem buka tutup pintu garasi selain memiliki keunggulan tersendiri di setiap systemnya juga mempengaruhi citra visual atau faktor estetis rumah kita. Walaupun pintu dengan model konvensional seperti engsel pivot masih populer di pakai, namun akan lebih baik kita mengetahui perkembangan di dunia luar tentang berbagai jenis pintu garasi. Mungkin sudah sering kita lihat di film barat atau melalui media bahwa pada hunian mereka sering kita jumpai pintu yang dengan sistem bukaan yang unik dan jarang kita lihat pada desain rumah di sekitar kita. Agar tidak ketinggalan trend ada baiknya kita gali pengetahuan tentang jenis jenis pintu terbaru dari luar negeri. Kali ini tim minimalis rumah desain akan mencoba mengkategorikan berbagai jenis pintu garasi berdasar mekanisme buka tutup nya. Yang di pakai sebagai acuan adalah produk dari Hormann, sebuah merk dagang yang populer di Europe.

Adapun jenis-jenis pintu garasi berdasarkan sistem buka tutupnya ialah sebagai berikut:

Pintu garasi up and over retractable, merupakan pintu dengan sistem bukaan ke atas. System seperti ini cukup kuat untuk menopang daun pintu dengan ukuran untuk dua mobil. Bagus untuk model pintu garasi otomatis / bukaan dengan remote.

Pintu garasi up and over canopy, mirip seperti pintu retractable tapi system membukanya lebih simple. Tidak bagus untuk di tempatkan pada pintu garasi lama, dan juga tidak bagus untuk system otomatis karena system pintu seperti ini tidak cukup kuat untuk menahan beban yang berat.

Pintu garasi sectional, merupakan pintu garasi dengan system bukaan daun pintu di tarik keatas. Seperti rolling door tapi daun pintunya memiliki ukuran besar. Biasanya pintu seperti ini dilengkapi dengan sistem bukaan automatis dengan motor yang menarik daun pintu ke atas.

Rolling door, merupakan pintu yang populer dipakai di Indonesia. Pintu ini memiliki efisiensi tempat karena tidak memakan area yang besar untuk tempat daun pintu pada waktu membuka.

Pintu garasi folding, merupakan pintu garasi dengan banyak daun pintu, dengan proses membuka dan menutup ke arah samping.

Overlap trackless, merupakan model pintu dengan dua daun yang membuka keatas. Pada saat membuka daun pintu saling overlap antara yang satu dengan yang lain.

Sumber: Minimalis Rumah Desain


Tag:,